MASIGNALPHAS2101
7425642317624470382

Blog Walking Asik, Satu Grup Sejuta Cerita

Blog Walking Asik, Satu Grup Sejuta Cerita
Add Comments
Jumat, 03 Desember 2021

Assalamualaikum, Sobat Waode. Setelah beberapa purnama tak menerbitkan tulisan karena adanya kesibukan lain, kali ini saya ingin kembali berbagi tarian aksara. Untuk tulisan kali ini saya ingin bercerita tentang BWA. Mungkin Sobat Waode penasaran, BWA itu grup apa sih? Grup band, grup kasidah, atau grup paduan suara?

Oh, No. Ini adalah grup yang dihuni oleh para blogger. Untuk lebih jelasnya akan saya ceritakan di bawah ini. So, lanjut baca yooo...., gak pake skip. 

Jadi, BWA itu merupakan singkatan dari Blog Walking Asik. Sebuah grup WA yang berisi para blogger dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. BWA Seleeerakuuu.... Upss..., sorry keterusan.

Jujur saja, saya menjadi penghuni grup ini belum cukup setahun. Masih newbie lah istilahnya. Maklum, saya juga baru beberapa bulan belakangan mencoba untuk menekuni dunia blog. 

Nah, sebagai pendatang baru dalam dunia blog, tentu saya ingin sekali belajar banyak hal. Maka berselancarlah jari ini mencari-cari keberadaan para blogger senior. Tentu gak sembarang blogger dong yang saya incar. Olehnya itu saya menggunakan kata kunci ajaib yaitu  “juara lomba blog”.

Walhasil,  saya menemukan satu blog bernama Roemah AuRa. Blog  kece yang dikelola oleh ibu hebat bernama Mba Diyah atau Ummu AuRa yang berasal dari Pekanbarau. Saya kagum pada pencapaian beliau yang bisa mengelola dan juga menjadi juara lomba blog  ditengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. 

Karena penasaran, saya pun mencoba menghubungi kontak beliau untuk menanyakan beberapa hal seputar dunia blog. Alhamdulillah beliau sangat welcome dan memberikan beberapa informasi. Dari percakapan tersebut saya kembali mengembara di belantara google demi bisa mendapatkan info cara punya blog keren.

Ternyata oh ternyata...., punya blog keren itu tidak semudah membalik telapak tangan tapi juga gak sesusah membalik telapak tangan Singa . Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa menjadi expert dalam dunia blog. Seorang blogger juga dituntut untuk memahami sederet istilah asing yang mungkin belum pernah ditemui seperti traffic, google analytic, DA (Domain Authority), PA (Page Authority) dan masih banyak lagi.

Dalam pencarian tersebut saya juga menemukan informasi bahwa salah satu tips untuk meningkatkan traffic blog melalui kegiatan bernama blog walking. Sebuah kegiatan dimana para blogger saling mengunjungi blog. Ya, mirip silaturahmi lah kalau di dunia nyata. 

Berhubung saya belum punya banyak kenalan blogger, saya pun kembali menghubungi Ummu AuRa untuk menanyakan tentang grup blog walking. Nah, dari beliaulah saya bisa masuk dalam sebuah grup bernama Blog Walking Asik (BWA). Tentu setelah mendapat izin dari duo punggawa grup yakni Mba Hani dan Mba Rini. Makasih ya Mba-Mba semua. 


Awal menjadi penghuni grup saya dikagetkan dengan banyaknya sapaan dari teman-teman anggota grup. Jujur saja, hal ini baru saya dapatkan di BWA. Sebagian diantaranya menyapa dengan memperkenalkan diri dan menyebutkan nama blognya. Senang sekali rasanya mendapat sambutan demikian.

Nah, untuk lebih mengenal para penghuni grup,  saya pun mencoba menyusuri blog-blog mereka. Tak dinyana, saya dibuat ngiler dengan kerennya blog teman-teman BWA. Baik dari segi tampilan blog maupun tulisan-tulisan yang dihasilkan. Belum lagi pada bagian pencapaian. Beberapa diantaranya adalah langganan juara lomba blog.  

Hampir setiap hari ada saja penghuni blog yang mendapatkan ucapan selamat. Sebut saja Mba Jihan, Mas Wahid, Mba Rini, Uda Fadli, Mba Amel dan masih banyak lagi. Mau lomba apa saja disini juaranya. Baik lomba bertema traveling, SEO, teknologi, bisnis, kesehatan, semua bisa ditemukan di sini. Te O Pe Be Ge Te kan? 

Tak salah lah kalau saya menggelari keberadaan di grup BWA sebagai sebuah anugerah. Bagaimana tidak, di grup ini saya benar-benar merasa tertantang untuk terus menguprade ilmu per-bloggingan. Di grup ini pula saya bisa mendapatkan banyak referensi cara menyajikan tulisan bermutu dengan cara mengintip tulisan-tulisan para juara.

Oh ya, ada satu lagi yang juga bikin mupeng yaitu job. Terlebih kalau teman-teman sudah ngomongin soal pencairan fee. Yang cair juga bukan cuma dalam bentuk rupiah tapi juga dollar. Sayangnya, sebagai pendatang baru saya seringkali tidak bisa ikut berhubung kebanyakan mensyaratkan DA PA > 10. Tapi gak masalah, namanya juga berproses. 

Di grup BWA bukan cuma cuan yang mengalir lancar tapi juga suasana. Diantara semua grup WA yang saya ikuti, grup inilah yang hampir setiap hari terpampang notifikasi percakapan. Beberapa saat saja tak dibuka, maka notif  pasti menggunung. 


Para penghuni grup seakan tak pernah kehabisan stok bahan untuk dibicarakan. Pokoknya setiap hari adaaa saja pembahasan di grup. Mulai dari candaan hingga hal-hal serius. Dari percakapan remeh temeh hingga tips dan trik yang sangat bermanfaat. Yang butuh saran atau solusi juga tak sungkan mencari jalan keluar di grup. 

Sangat berharap, suatu saat anggota BWA bisa kumpul di suatu tempat. Pasti seru sekali. Yang selama ini hanya saling menyapa lewat dunia maya, bisa bertemu secara langsung.

Hmmmm.... mungkin itu saja ya yang bisa saya ceritakan seputar BWA. Berharap semoga semua penghuni grup sehat-sehat dan semakin produktif. 


  1. grup blogwalking asik memang beneran asik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu... Merasa beruntung banget jadi penghuni grup se keren BWA. 😊

      Hapus